Minggu, 15 Januari 2012

menghilangkan tulisan " This copy is not genuine pada windows 7 ", dengan cara manual

1.   Buka windows explorer dan browse ke C:\Windows\System32.  C: merupakan drive tempat system Windows 7 anda berada.  Atau dengan bantuan Seach dari windows explorer, pada drive C ketik atau cari file cmd atau cmd.exe dengan tipe Application.



2. Klik kanan kemudian pilih “Run as administrator”.



3.  Maka tampilan cmd.exe nya seperti ini :



4.  Pada window cmd yang telah terbuka ketik perintah berikut:
 slmgr.vbs –rearm



5.  Klik enter dan kemudian ada perintah untuk Restart komputer anda. Setelah Restart anda akan menemukan  tulisan Windows 7 build 7600 atau This copy of windows is not genuine, hilang dan tidak muncul lagi pada laptop atau komputer anda.

Kamis, 12 Januari 2012

Makalah Jasa Pelayaran niaga


Usaha Jasa Pelayaran Niaga 




I. PENDAHULAN 
Negara Indonesia sebagai negara kepulauan dalam rangka mencapai tujuan cita-citanya seperti yang ditetapkan dalam konsep wawasan nusantara memerlukan sarana transportasi yang mantap. Salah satu sarana transportasi yang memegang peranan penting adalah angkutan laut.

II. RUMUSAN MASALAH 
Dalam perumusan masalah ini saya akan menjelaskan tentang ;
1.) Kegiatan Usaha Pelayaran niaga
2.) Industri jasa pelayaran (Shipping Industri)
3.) Potensi dan manfaat Pelayaran Niaga
4.) Pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan Pelayaran niaga
5.) Pola pembinaan yang dilaksanakan Pemerintah di bidang perkapalan dan pelayaran

III. TUJUAN PENELITIAN 
Tujuan dari penelitian pembuatan tugas makalah tentang Usaha jasa Pelayaran niaga ini adalah saya ingin menerangkan tentang usaha ini, dimana ini merupakan salah satu cita-cita saya ingin mendirikan usaha Pelayaran, disamping itu juga Usaha Pelayaran niaga merupakan bidang kerja saya, dimana saya bekerja disalah satu Perusaahaan Jasa Pelayaran.

IV. METODOLOGI PENELITIAN 
Metodologi dari penelitian tugas ini saya dapatkan dari beberapa website tentang pelayaran, dikarenakan saya baru 2 bulan bekerja di Perusahaan Pelayaran tersebut, jadi belum banyak yang saya ketahui tentang dunia Pelayaran. Selain itu saya juga menerapkan Metodologi wawancara kepada bagian HRD, teman sekantor, dan juga kepada pihak Syahbandar Pelabuhan Sunda kelapa.

V. LANDASAN TEORI 
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor: 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, kegiatan pelayaran dikuasai oleh negara dan pembinaanya dilakukan oleh Pemerintah. Kegiatan pembinaan yang dimaksud adalah meliputi pengaturan, pengendalian dan pengawasan kegiatan pelayaran, yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan seluruh aspek kehidupan masyarakat.

VI. PEMBAHASAN 
1.) Kegiatan Usaha Pelayaran niaga
Terdapat beberapa jenis kegiatan pengusahaan pelayaran niaga, diantaranya usaha pokok pelayaran, usaha keagenan, usaha lainnya. Usaha pokok pelayaran merupakan usaha pengangkutan barang, khususnya barang dagangan dari pelabuhan pemuatan untuk disampaikan ke pelabuhan tujuan dengan kapal dimana pengusaha mungkin akan mengoperasikan kapalnya sendiri atau mencharter kapal atau kerja sama dengan pihak ketiga, bahkan mungkin mencarterkan kapalnya untuk dioperasian pihak ketiga. Usaha keagenan yang dilakukan oleh perusahaan pelayaran adalah mengageni perusahaan pelayaran asing atau principal dengan memberikan jasa dalam pengurusan segala sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan kapal, muatan, container dan freight dari principal. Sementara usaha lainnya adalah kegiatan di luar usaha tersebut diatas, tetapi menunjang usaha pelayaran baik dalam bentuk fisik maupun dalam bentuk keuntungan yang diperoleh.
2.) Industri jasa pelayaran (Shipping Industri)
Industri jasa pelayaran merupakan usaha industri jasa transportasi laut ataushipping industri yang memberikan manfaat yang sangat besar bagi perpindahan suatu barang, baik memberikan manfaat secara place utility yaitu barang yang disatu tempat kurang bermanfaat dipindahkan ke tempat yang manfaatnya lebih besar, maupun memberikan manfaat time utility yaitu barang dari satu tempat yang saat tertentu sudah diproduksi dan berlebihan dipindahkan ketempat yang pada waktu yang sama belum diproduksi. Jenis-jenis jasa pelayaran yang saat ini berlaku terbagi atas: Berdasarkan Bidang Kegiatannya Dilihat dari bidang kegiatannya, bidang kegiatan pelayaran terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu Pelayaran Niaga (shipping business, commercial shipping,merchant marine) dan pelayaran non niaga. Pelayaran niaga yaitu usaha pengangkutan barang (khususnya barang dagangan) atau penumpang, melalui laut, baik yang dilakukan antar pelabuhan-pelabuhan dalam wilayan sendiri maupun antar negara. Sedangkan Pelayaran Non Niaga adalah kegiatan pelayaran yang bertujuan bukan untuk kegiatan perdagangan, yang meliputi pelayaran angkatan perang, dinas pos, dinas perambuan, penjaga pantai, hidrografi dan sebagainya. Berdasarkan Trayek yang Dilayari Sedangkan kegiatan pelayaran dilihat dari trayek yang dilayari terbagi atas kegiatan pelayaran nasional dan kegiatan pelayaran internasional. Dalam kegiatan pelayaran nasional, kegiatan pelayaran berlangsung dalam batas-batas wilayah teritorial suatu negara atau sering disebut pelayaran interinsulair. Sementara itu, dalam pelayaran internasional kegiatan pelayaran itu berlangsung dalam perairan internasional yang menghubungkan dua negara atau lebih, pelayaran internasional dalam dunia shipping dikenal dengan sebutan Pelayaran Samudera atau Ocean Going shipping atau Intern OceanShipping. Pada pelayaran internasional timbul masalah hubungan hukum internasional dan timbullah berbagai konvensi internasional yang mengatur aspek-aspek pelayaran, baik yang berkaitan dengan masalah teknis, hukum positif, maupun yang berkenaan dengan penyelenggaraan atau pengusahaan pelayaran. Bagi Indonesia perusahaan pelayaran nasional mempunyai prospek yang sangat cerah mengingat volume ekspor dan impor meningkat terus setiap tahun.
3.) Potensi dan manfaat Pelayaran Niaga
Bagi dunia perdagangan pada umumnya, khususnya perdagangan internasional, pelayaran niaga memegang peranan yang sangat penting dan hampir semua barang ekspor dan impor diangkut dengan kapal laut. Demikian juga pengangkutan barang dalam volume besar dari satu daerah ke daerah yang lain dalam satu Negara, lebih banyak menggunakan jasa fasilitass angkutan laut. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan sebagai berikut :
a. Unit capacity kapal jauh lebih besar untuk pengangkutan dalam jumlah besar sekaligus.
b. Biaya bongkar muatnya lebih efisien dibandingkan melalui darat.
c. Biaya angkut per unit lebih murah karena pengangkutannya dalam jumlah banyak.

4.) Pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan Pelayaran niaga Kegiatan pelayaran niaga
timbul karena adanya kebutuhan untuk mengangkut barang barang niaga yang dihasilkan di suatu tempat dan akan dijual di tempat lain sehingga timbullah semboyan The Flag Follow The Trade (bendera atau kapal mengikuti perdagangan). Oleh karena itu dalam suatu pengiriman atau pengapalan barang dengan kapal laut terdapat 3 (tiga) pihak yang saling berhubungan hukum satu sama lain ;


Pengirim Barang (Shipper), yaitu orang atau badan hukum yang mempunyai muatan kapal untuk dikirim dari suatu pelabuhan tertentu (pelabuhan pemuatan) untuk diangkut ke pelabuhan tujuan.

Pengangkut barang (carrier), yaitu perusahaan pelayaran yang melaksanakan pengangkutan barang dari pelabuhan muat untuk diangkut/disampaikan ke pelabuhan tujuan dengan kapal.


Penerima barang (consignee), yaitu orang atau badan hukum kepada siapa barang kiriman ditujukan. Hak dan kewajiban ketiga pihak dalam pengapalan diatur oleh perundang-undangan nasional/peraturan pemerintah dan beberapa konvensi internasional yang telah dibentuk guna mengatur masalah pelayaran, baik segi teknis-nautis pelayaran maupun segi niaganya.

Disamping ketiga pihak tersebut, masih terdapat pihak-pihak yang tidak saling berhubungan hukum/tidak diatur oleh undang-undang namun memiliki peranan yang yang sangat penting dalam dunia pelayaran, yaitu : 

Ekspeditur (perusahaan ekspedisi muatan kapal laut, forwader, dan lain-lain), adalah perusahaan yang menyelenggarakan usaha mengurus dokumen-dokumen dan formalitas yang diperlukan untuk mengirim/ mengeluarkan barang ke/dari kapal atau ke/dari gudang/lapangan penumpukan container di pelabuhan. Ekspeditur menjadi wakil dari pengirim/penerima barang muatan kapal laut. Untuk muatan ekspor, tugas dan kewajiban ekspeditur dianggap selesai bila barangbarang sudah dimuat ke atas kapal dan Bill of Lading (B/L) sudah diambil untuk diserahkan kepada orang yang memberi kuasa untuk mengurus pemuatan kepada Bank Devisa. Untuk muatan impor, dimulai dengan pembuatan dokumen-dokumen impor (invoerpass, dan lain-lain) sampai pembayaran dan biaya-biaya yang berkenaan dengan pengeluaran barang dari gudang pabean untuk selanjutnya diserahkan kepada prinsipal di daerah bebas (di luar daerah pengawasan bea dan cukai).
Perusahaan Pergudangan (warehousing) yaitu usaha penyimpanan barang di dalam gudang pelabuhan, menunggu pemuatan ke atas kapal atau pengeluaran dari gudang. Perusahaan Bongkar Muat (Stevedoring) yaitu usaha pemuatan atau pembongkaran barang-barang muatan kapal. Sering kali perusahaan stevedoring bekerja sama dengan perusahaan angkutan pelabuhan melalui tongkang. Hal ini sering dilakukan apabila waktu menunggu giliran penambatan terlalu lama atau fasilitas tambat kapal terlalu sedikit.
Lembaga Jasa Pengurusan Transportasi (Freight Forwader) adalah perusahaan yang mengkoordinir angkutan multimoda sehingga terselenggara angkutan secara terpadu sejak dari door shipper sampai dengan door consignee. 
5.) Pola pembinaan yang dilaksanakan Pemerintah di bidang perkapalan dan pelayaran Berdasarkan Undang-Undang Nomor: 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, kegiatan pembinaan Pemerintah di bidang perkapalan dan pelayaran, memuat 4 (empat) unsur utama yakni angkutan di perairan, kepelabuhanan, keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Pengaturan untuk bidang angkutan di perairan memuat prinsip pelaksanaan asas cabotage dengan cara pemberdayaan angkutan laut nasional yang memberikan iklim kondusif guna memajukan industri angkutan di perairan, antara lain adanya kemudahan di bidang perpajakan, dan permodalan dalam pengadaan kapal serta adanya kontrak jangka panjang untuk angkutan; Dalam rangka pemberdayaan industri angkutan laut nasional, diatur pula mengenai hipotek kapal. Pengaturaan ini merupakan salah satu upaya untuk meyakinkan kreditor bahwa kapal Indonesia dapat dijadikan bagunan berdasarkan peraturan perundangundangan, sehingga diharapkan perusahaan angkutan laut nasional akan mudah memperoleh dana untuk pengembangan armadanya.
2. Pengaturan untuk bidang kepelabuhanan memuat ketentuan mengenai penghapusan monopoli dalam penyelenggaraan pelabuhan, pemisahan antara fungsi regulator dan operator serta memberikan peran serta pemerintah daerah dan swasta secara proposional di dalam penyelenggaraan kepelabuhanan.
3. Pengaturan untuk bidang keselamatan dan keamanan pelayaran memuat ketentuan yang mengantisipasi kemajuan teknologi dengan mengacu pada konvensi internasional yang cenderung menggunakan peralatan mutakhir pada sarana dan prasarana keselamatan pelayaran, di samping mengakomodasi ketentuan mengenai sistem keamanan pelayaran yang termuat dalam International Ship and Port Facility Security   ( ISPS ) Code.
4. Pengaturan untuk bidang perlindungan lingkungan maritim memuat ketentuan mengenai pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan laut yang bersumber dari pengoperasian kapal dan sarana sejenisnya dengan mengakomodasikan ketentuan internasional terkait seperti “International Convention for the Prevention of Pollution from Ships”. Selain hal tersebut di atas, yang juga diatur oleh Pemerintah adalah pembentukan institusi di bidang penjagaan laut dan pantai (Sea and Coast Guard) yang Kebijakan Pemerintah di Bidang Perkapalan dan dibentuk dan bertanggung jawab kepada Presiden dan secara teknis operasional dilaksanakan oleh Menteri. Penjaga laut dan pantai memiliki fungsi komando dalam penegakan aturan di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, dan fungsi koordinasi di bidang penegakan hukum di luar keselamatan pelayaran. Penjagaan laut dan pantai tersebut merupakan pemberdayaan Badan Koordinasi Keamanan Laut dan perkuatan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai. Diharapkan dengan pengaturan ini penegakan aturan di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran dapat dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi dengan baik sehingga tidak terjadi tumpang tindih kewenangan penegakan hukum di laut yang dapat mengurangi citra Indonesia dalam pergaulan antarbangsa. Terhadap Badan Usaha Milik Negara yang selama ini telah menyelenggarakan kegiatan pengusahaan pelabuhan tetap dapat menyelenggarakan kegiatan yang sama dengan mendapatkan pelimpahan kewenangan Pemerintah, dalam upaya meningkatkan peran Badan Usaha Milik Negara guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

VII. DAFTAR PUSTAKA
http://muislife.com/pola-pembinaan-yang-dilaksanakan-pemerintah-di-bidang-perkapalan-dan-pelayaran.html 


http://balianzahab.wordpress.com/makalah-hukum/hukum-pengangkutan/transportasi-maritim/ 


http://www.anneahira.com/perusahaan-pelayaran-indonesia.htm 


http://kamissore.blogspot.com/2010/02/meningkatnya-pertumbuhan-angkutan-laut.html 


http://id.wikipedia.org/wiki/Pelabuhan#g.Kegiatan_Pelayarannya 


http://id.wikipedia.org/wiki/Asosiasi_Pemilik_Pelayaran_Nasional_Indonesia


http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2115974-pengertian-pelayaran-niaga/

Rabu, 11 Januari 2012

surat dari pejuang Hamas ( Gaza ) untuk negri Indonesia

“Untuk saudaraku di Indonesia, mengapa saya harus memilih dan mengirim surat ini untuk kalian di Indonesia. Namun jika kalian tetap bertanya kepadaku, kenapa? Mungkin satu-satunya jawaban yang saya miliki adalah karena negri kalian berpenduduk muslim terbanyak di punggung bumi ini, bukan demikian saudaraku? Di saat saya menunaikan ibadah haji beberapa tahun silam, ketika pulang dari melempar jumrah, saya sempat berkenalan dengan salah seorang aktivis dakwah dari jama’ah haji asal Indonesia, dia mengatakan kepadaku, setiap tahun musim haji ada sekitar 205 ribu jama’ah haji berasal dari Indonesia datang ke Baitullah ini. Wah, sungguh jumlah angka yang sangat fantastis dan membuat saya berdecak kagum. Lalu saya mengatakan kepadanya, saudaraku, jika jumlah jama’ah haji asal Gaza sejak tahun 1987 sampai sekarang digabung, itu belum bisa menyamai jumlah jama’ah haji dari negara kalian dalam satu musim haji saja. Padahal jarak tempat kami ke Baitullah lebih dekat dibanding kalian. Wah pasti uang kalian sangat banyak, apalagi menurut sahabatku itu ada 5% dari rombongan tersebut yang memnunaikan ibadah haji yang kedua kalinya, Subhanallah. Wahai saudaraku di Indonesia, Pernah saya berkhayal dalam hati, kenapa saya dan kami yang ada di Gaza ini, tidak dilahirkan di negri kalian saja. Pasti sangat indah dan mengagumkan. Negri kalian aman, kaya, dan subur, setidaknya itu yang saya ketahui tentang negri kalian. Pasti ibu-ibu disana amat mudah menyusui bayi-bayinya, susu formula bayi pasti dengan mudah kalian dapoatkan di toko-toko dan para wanita hamil kalian mungkin dengan mudah bersalin di rumah sakit yang mereka inginkan. Ini yang membuatku iri kepadamu saudaraku, tidak seperti di negri kami ini. Tidak jarang tentara Israel menahan mobil ambulance yang akan mengantarkan istri kami melahirkan di rumah sakit yang lebih lengkap alatnya di daerah Rafah. Sehingga istri kami terpaksa melahirkan di atas mobil, ya di atas mobil saudaraku.! Susu formula bayi adalah barang langka di Gaza sejak kami diblokade 2 tahun yang lalu, namun istri kami tetap menyusui bayi-bayinya dan menyapihnya hingga 2 tahun lamanya, walau terkadang untuk memperlancar Asi mereka, istri kami rela minum air rendaman gandum. Namun, mengapa di negri kalian, katanya tidak sedikit kasus pembuangan bayi yang tidak jelas siapa ayah dan ibunya. Terkadang ditemukan mati di parit-parit, selokan, dan tempat sampah. Itu yang kami dapat dai informasi di televisi. Dan yang membuat saya terkejut dan merinding, ternyata negri kalian adalah negri yang tertinggi kasus aborsinya untuk wilayah Asia. Astaghfirullah. Ada apa dengan kalian? Apakah karena di negri kalian tidak ada konflik bersenjata seperti kami disini, sehingga orang bisa melakukan hal hina seperti itu? Sepertinya kalian belum menghargai arti sebuah nyawa bagi kami disini. Memeang hampir setiap hari di Gaza sejak penyerangan Israel, kami menyaksikan bayi-bayi kami mati. Namun, bukanlah di selokan-selokan atau got-got apalagi di tempat sampah. Mereka mati syahid saudaraku! Mati syahid karena serangan roket tentara Israel! Kami temukan mereka tak bernyawa lagi di pangkuan ibunya, di bawah puing-puing bangunan rumah kami yang hancur oleh serangan Zionis Israel. Saudaraku, bagi kami nilai seorang bayi adalah aset perjuangan kami terhadap penjajah Yahudi. Mereka adalah mata rantai yang akan menyambung perjuangan kami memerdekakan negri ini. Perlu kalian ketahui, sejak serangan Israel tanggal 27 Desember 2009 kemarin, saudara-saudara kami yang syahid sampai 1400 orang, 600 di antaranya adalah anak-anak kami, namun sejak penyerangan itu pula sampai hari ini, kami menyambut lahirnya 3000 bayi baru di jalur Gaza, dan Subhanallah kebanyakan mereka adalah anak laki-laki dan banyak yang kembar, Allahu Akbar! Wahai saudaraku di Indonesia, Negri kalian subur dan makmur, tanaman apa saja yang kalian tanam akan tumbuh dan berbuah, namun kenapa di negri kalian masih ada bayi yang kekurangan gizi, menderita busung lapar. Apa karena sulit mencari rizki disana? Apa negri kalian diblokade juga? Perlu kalian ketahui saudaraku, tidak ada satupun bayi di Gaza yang menderita kekurangan gizi, apalagi sampai mati kelaparan, walau sudah lama kami diblokade. Sungguh kalian terlalu manja! Saya adalah pegawai tata usaha di kantor pemerintahan HAMAS sudah 7 bulan ini belum menerima gaji bulanan saya. Tetapi Allah SWT yang akan mencukupkan rizki untuk kami. Perlu kalian ketahui pula, bulan ini saja ada sekitar 300 pasang pemuda baru saja melangsungkan pernikahan. Ya, mereka menikah di sela-sela serangan agresi Israel. Mereka mengucapkan akad nikah diantara bunyi letupan bom dan peluru, saudaraku.Dan Perdana Menteri kami, Ust Isma’il Haniya memberikan santunan awal pernikahan bagi semua keluarga baru tersebut. Wahai saudaraku di Indonesia, Terkadang saya pun iri, seandainya saya bisa merasakan pengajian atau halaqah pembinaan di negri antum (anda). Seperti yang diceritakan teman saya, program pengajian kalian pasti bagus, banyak kitab mungkin yang kalian yang telah baca. Dan banyak buku-buku pasti sudah kalian baca. Kalian pun bersemangat kan? Itu karena kalian punya waktu. Kami tidak memiliki waktu yang banyak disini. Satu jam, ya satu jam itu adalah waktu yang dipatok untuk kami disini untuk halaqah. Setelah itu kami harus terjun ke lapangan jihad, sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kami. Kami disini sangan menanti-nantikan saat halaqah tersebut walau hanya satu jam. Tentu kalian lebih bersyukur. Kalian punya waktu untuk menegakkan rukun-rukun halaqah, seperti ta’aruf, tafahum, dan takaful disana. Halafalan antum pasti lebih banyak daripada kami. Semua pegawai dan pejuang HAMAS disini wajib menghapal Surah Al-Anfal sebagai nyanyian perang kami, saya menghafal di sela-sela waktu istirahat perang, bagaimana dengan kalian? Akhir Desember kemarin, saya menghadiri acar wisuda penamatan hafalan 30 Juz anakku yang pertama. Ia merupakan diantara 1000 anak yang tahun ini menghafal Al-Qur’an dan umurnya baru 10 tahun. Saya yakin anak-anak kalian jauh lebih cepat menghapal Al-Qur’an ketimbang anak-anak kimi disini. Di Gaza tidak ada SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) seperti di tempat kalian yang menyebar seperti jamur di musim hujan. Disini anak-anak belajar diantara puing-puing reruntuhan gedung yang hancur, yang tanahnya sudah diratakan, diatasnya diberi beberapa helai daun kurma. Ya, di tempat itu mereka belajar, saudaraku. Bunyi suara setoran hafalan Al-Qur’an mereka bergemuruh dianatara bunyi-bunyi senapan tentara Israel. Ayat-ayat jihad paling cepat mereka hafal, karena memang didepan mereka tafsirnya. Langsung mereka rasakan. Oh iya, kami harus berterima kasih kepada kalian semua, melihat solidaritas yang kalian perlihatkan kepada masyarakat dunia. Kami menyaksikan aksi demo-demo kalian disini. Subhanallah, kami sangat terhibur. Karena kalian juga merasakan apa yang kami rasakan disini.Memang banyak masyarakat dunia yang menangisi kami disini, termasuk kalian yang di Indonesia. Namun, bukan tangisan kalian yang kami butuhkan , saudaraku. Biarlah butiran air matamu adalah catatan bukti akhirat yang dicatat Allah sebagai bukti ukhwah kalian kepada kami. Doa-doa dan dana kalian telah kami rasakan manfaatnya. Oh iya, hari semakin larut, sebentar lagi adalah giliran saya menjaga kantor, tugasku untuk menunggu jika ada telpon dan fax yang masuk. Insya Allah, nanti saya ingin sambung dengan surat yang lain lagi. Salam untuk semua pejuang-pejuang Islam dan ulama-ulama kalian. Abdullah Al Ghaza Sumber : http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=92822

Minggu, 08 Januari 2012

Makalah kehidupan manusia sebagai makhluk yang bersosialisasi

I. PENDAHULUAN

A.Latar belakang masalah
Saat ini banyak sekali masalah bersosialisasi baik dari segi bersikap dan bergaul, masalah bersosialisasi ini terjadi disemua kalangan baik itu kalangan remaja maupun orang tua, tetapi masalah bersosialisasi ini banyak terjadi di kalangan anak remaja dalam interaksi mereka kepada sesama dalam pergaulan. Untuk itu tugas Makalah Wawasan Budi Luhur ini saya fokuskan untuk masalah bersosialisasi pada kalangan remaja, tentunya usia sayapun masih tergolong remaja.
Masalah bersosialisasi pada kalangan remaja dikarenakan kalangan remaja adalah masa dimana seorang individu mencari jati dirinya, masa dimana seseorang memerlukan panutan untuk di jadikan contoh yang baik menurutnya, tapi dalam mencari panutan ini banyak sekali terjadi kesalahan. Banyak yang salah dalam mencari panutan, yang akhirnya mengakibatkan dia slah dalam pergaulan. Kesalahan pergaulan ini yang menyebabkan seseorang terjerumus dalam hal-hal yang negatif. Untuk itu sangat penting Manusia bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Semua itu di awali dari seseorang bersikap di dalam bersosialisasi melakukan interaksi pada sesama Manusia di sekitarnya.

B. Rumusan masalah
Dalam perumusan masalah ini saya akan merumuskan tentang ;
1. Apa itu bersosialisasi
2. Apa guna bersosialisasi
3. Mengapa harus bersosialisasi
4. Bagaimana bersosialisasi dalam masyarakat
5. Bagaimana cara memilih pergaulan yang benar
C.Tujuan
Tujuan dari tugas makalah Wawasan Budi Luhur yang saya beri judul Kehidupan manusia sebagai makhluk yang bersosialisasi ini agar seorang individu dapat bersosialisasi dalam masyarakat, dapat memilih sikap dan pergaulan yang baik dan benar dalam bersosialisasi, karena bersosialisasi sangatlah berpengaruh dalam kehidupan seseorang dan dapat membangun karakter pribadi.
D.Metode penelitian
Metode yang digunakan dalam pengerjaan tugas Makalah Wawasan Budi Luhur ini adalah menggunakan metode pustaka, saya menggunkan media pustaka dalam penyusunan tugas Makalah ini.
II. PEMBAHASAN MATERI
KEHIDUPAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK YANG BERSOSIALISASI
1. Apa itu bersosialisasi
Bersosialisasi banyak diartikan begitu banyak, Sosialisasi diartikan sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, norma-norma social yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli ;

1.) Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.

2.) Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat, sehingga akan membentuk kepribadiannya.

3.) Paul B Horton
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

4.) Prof. Dr. Nasution, SH
Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial.

2. Apa guna bersosialisasi
Sosialisasi sangatlah berguna dan berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Kegunanaan Bersosialisasi sebagai berikut :
a.) Sebagai alat komunikasi yang jelas di masyarakat dan dikehidupan.
b.) Sebagai pembangun kehidupan dan kesuksesan
c.) Menjadi sarana melatih diri agar lebih percaya diri

3. Mengapa harus bersosialisasi
dengan bersosialisasilah kita bisa terhubung dengan dunia luar,dunia liar disini adalah kehidupan yang berada disekitar kita. Dengan bersosialisasilah kita bisa mendapatkan suatu informasi yang sangatlah berguna untuk diri kita dan untuk individu disekitar kita, dengan bersosialisasi pula seseorang dapat sejahtera dalam kehidupannya, dan karena bersosialisasi pula seseorang dapat dengan mudah bertukar ilmu, tanpa bersosialisasi kita akan sangat sulit untuk mendapatkan ilmu, dsb. Tetapi kita juga harus berhati-hati dalam bersosialisasi karena sosialisasi juga dapat menjatuhkan kualitas hidup kita,jika kita salah dalam bergaul dan bersosialisasi dalam masyarakat.

4. Bagaimana bersosialisasi dalam masyarakat
Cara bersosialisasi didalam masyarakat itu mudah,hanya dengan percaya diri dan kemauan dari diri kita untuk mau berhubungan dengan dunia luar atau dunia yang ada disekitar kita.
a.) Mengembangkan bakat untuk berbicara kecil dan memiliki beberapa topik siap untuk kita bicarakan dimuka umum,dengan kita menyiapkam topik untuk bersosialisasi maka kita takkan kehabisan topik pada saat bersosialisasi. Dengan keadaan kita yang tak pernah kehabisan topik ini,maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa nyaman disamping kita.
b.) Tanyakan pertanyaan terbuka untuk memungkinkan orang lain untuk mendiskusikan latar belakang, kisah-kisah pribadi, pekerjaan atau hiburan. Dengarkan dengan saksama dan mengganggu hanya untuk mengajukan pertanyaan klarifikasi.Orang akan berpikir Anda seorang komunikator yang sangat baik bahkan jika semua yang Anda lakukan adalah mendengarkan.
c.) Menyisipkan sedikit humor disaat pembicaraan,dengan menyisipkan humor disaat bersosialisasi maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa bahwa kita adalah orang yang asyik untuk diajak berbicara,karena menyisipkan humor dalam pembicaraan. Tetapi kita juga harus bisa membedakan mana saat serius atau tidak serius,jika dalam keadaan serius lebih baik anda tidak menyisipkan humor disaat pembicaraan.
d.) Hormati orang lain ketika Anda berbicara.Jika Anda melihat orang lain melipat lengan mereka atau mengambil langkah dari Anda, Anda mungkin akan mendapatkan tidak nyaman. Untuk itu kita harus menjaga tatakrama dan sopan santun pada saat bersosialisasi. Karena dengan sopan santun aknda akan mendapat nilai lebih dimata orang lain.
e.) Senyum , walaupun anda dalam keadaan sesulit apapun pada saat bersosialisasi, anda jangan pernah lupa dengan suatu hal yaitu “senyum”. Karena dari senyumlah seseorang dapat melihat anda adalah sosok pribadi yang bijaksana dan sabar dalam menerima masalah.
f.) Berkomunikasi dengan baik dan benar , dengan berkomunikasi yang baik dan benar dalam bersosialisasi maka seseorang akan mengetahui bahwa anda adalah sosok yang disiplin.

5. Bagaimana cara memilih pergaulan yang baik
Memilih pergaulan yang baik adalah pintu anda menuju diri anda yang positif dan sukses,memilih pergaulan yang baik harus dimulai dari diri anda sendiri,tanpa harus mengikuti ajakan teman atau oranglain. Berikut adalah cara memilih pergaulan yang baik.
a.) Selektif dalam memilih
Dalam memilih pergaulan,kita harus selektif dan akurat,karena ini teman sangat berpengaruh untuk diri anda,tetapi sifat selektif anda itu jangan sampai terlihat oleh siapapun,karena sifat selektif itu akan membuat anda tidak akan mendapatkan teman.
b.) Bebas NARKOTIKA
pergaulan yang baik adalah teman yang sehat,dan bebas narkotika. Narkotika hanya akan membuat diri anda hancur berantakan,dan akhirnya diri anda sendiri yang akan rugi. Narkotika takkan pernah membuat hidup anda lebih baik,narkotika akan terus menggerogoti hidup anda. Untuk itu pilih pergaulan sehat.
c.) Jauhi pergaulan Bebas SEX
Sama seperti narkotika,sex hanya akan membuat diri anda rugi. Jika anda terkena penyakit HIV&AIDS mungkin anda sudah tak punya masa depan lagi. Orang tua anda tidak melahirkan anda dengan niat dan tujuan agar anda tidak punya masa depan. Untuk itu banggakan orang tua anda dengan pergaulan yang sehat dalam bersosialisasi.
d.) Ikut organisasi yang sesuai minat anda
Daripada anda terjatuh dalam pergaulan yang salah,lebih baik anda melibatkan diri anda kedalam suatu organisasi yang sesuai minat anda dan juga bertujuan positif tentunya. Itu akan membuat anda lebih baik,dan organisasi itu pula yang mungkin akan bisa menggali potensi dan bakat terpendam anda.



KESIMPULAN

Dari masalah ini,dapat disimpulkan bahwa kemampuan seseorang dalam bersosialisasi sangatlah berpengaruh dalam kehidupan suatu sesorang tersebut. Dan juga kesalahan dalam bersosialisasi akan membuat seseorang itu akan menjadi lebih buruk daripada seseorang yang benar dalam memlih pergaulan dalam bersosialisasi. Jadi sikap dan pergaulan anda dalam bersosialisasi sangatlah berpengaruh untuk hidup anda.


SARAN

Lebih baik berhati-hati dalam memilih pergaulan, sayangi diri anda. Janganlah terburu-buru dalam memilih pergaulan , karena dalam keadaan terburu-buru anda tidak akan bisa memilih keputusan dengan baik. Selektif dalam memilih pergaulan, dan jaga sopan santun anda dan ingat,jangan pernah lupa untuk SENYUM. :)