Minggu, 08 Januari 2012

Makalah kehidupan manusia sebagai makhluk yang bersosialisasi

I. PENDAHULUAN

A.Latar belakang masalah
Saat ini banyak sekali masalah bersosialisasi baik dari segi bersikap dan bergaul, masalah bersosialisasi ini terjadi disemua kalangan baik itu kalangan remaja maupun orang tua, tetapi masalah bersosialisasi ini banyak terjadi di kalangan anak remaja dalam interaksi mereka kepada sesama dalam pergaulan. Untuk itu tugas Makalah Wawasan Budi Luhur ini saya fokuskan untuk masalah bersosialisasi pada kalangan remaja, tentunya usia sayapun masih tergolong remaja.
Masalah bersosialisasi pada kalangan remaja dikarenakan kalangan remaja adalah masa dimana seorang individu mencari jati dirinya, masa dimana seseorang memerlukan panutan untuk di jadikan contoh yang baik menurutnya, tapi dalam mencari panutan ini banyak sekali terjadi kesalahan. Banyak yang salah dalam mencari panutan, yang akhirnya mengakibatkan dia slah dalam pergaulan. Kesalahan pergaulan ini yang menyebabkan seseorang terjerumus dalam hal-hal yang negatif. Untuk itu sangat penting Manusia bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Semua itu di awali dari seseorang bersikap di dalam bersosialisasi melakukan interaksi pada sesama Manusia di sekitarnya.

B. Rumusan masalah
Dalam perumusan masalah ini saya akan merumuskan tentang ;
1. Apa itu bersosialisasi
2. Apa guna bersosialisasi
3. Mengapa harus bersosialisasi
4. Bagaimana bersosialisasi dalam masyarakat
5. Bagaimana cara memilih pergaulan yang benar
C.Tujuan
Tujuan dari tugas makalah Wawasan Budi Luhur yang saya beri judul Kehidupan manusia sebagai makhluk yang bersosialisasi ini agar seorang individu dapat bersosialisasi dalam masyarakat, dapat memilih sikap dan pergaulan yang baik dan benar dalam bersosialisasi, karena bersosialisasi sangatlah berpengaruh dalam kehidupan seseorang dan dapat membangun karakter pribadi.
D.Metode penelitian
Metode yang digunakan dalam pengerjaan tugas Makalah Wawasan Budi Luhur ini adalah menggunakan metode pustaka, saya menggunkan media pustaka dalam penyusunan tugas Makalah ini.
II. PEMBAHASAN MATERI
KEHIDUPAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK YANG BERSOSIALISASI
1. Apa itu bersosialisasi
Bersosialisasi banyak diartikan begitu banyak, Sosialisasi diartikan sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, norma-norma social yang terdapat dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli ;

1.) Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.

2.) Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat, sehingga akan membentuk kepribadiannya.

3.) Paul B Horton
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

4.) Prof. Dr. Nasution, SH
Sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial.

2. Apa guna bersosialisasi
Sosialisasi sangatlah berguna dan berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Kegunanaan Bersosialisasi sebagai berikut :
a.) Sebagai alat komunikasi yang jelas di masyarakat dan dikehidupan.
b.) Sebagai pembangun kehidupan dan kesuksesan
c.) Menjadi sarana melatih diri agar lebih percaya diri

3. Mengapa harus bersosialisasi
dengan bersosialisasilah kita bisa terhubung dengan dunia luar,dunia liar disini adalah kehidupan yang berada disekitar kita. Dengan bersosialisasilah kita bisa mendapatkan suatu informasi yang sangatlah berguna untuk diri kita dan untuk individu disekitar kita, dengan bersosialisasi pula seseorang dapat sejahtera dalam kehidupannya, dan karena bersosialisasi pula seseorang dapat dengan mudah bertukar ilmu, tanpa bersosialisasi kita akan sangat sulit untuk mendapatkan ilmu, dsb. Tetapi kita juga harus berhati-hati dalam bersosialisasi karena sosialisasi juga dapat menjatuhkan kualitas hidup kita,jika kita salah dalam bergaul dan bersosialisasi dalam masyarakat.

4. Bagaimana bersosialisasi dalam masyarakat
Cara bersosialisasi didalam masyarakat itu mudah,hanya dengan percaya diri dan kemauan dari diri kita untuk mau berhubungan dengan dunia luar atau dunia yang ada disekitar kita.
a.) Mengembangkan bakat untuk berbicara kecil dan memiliki beberapa topik siap untuk kita bicarakan dimuka umum,dengan kita menyiapkam topik untuk bersosialisasi maka kita takkan kehabisan topik pada saat bersosialisasi. Dengan keadaan kita yang tak pernah kehabisan topik ini,maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa nyaman disamping kita.
b.) Tanyakan pertanyaan terbuka untuk memungkinkan orang lain untuk mendiskusikan latar belakang, kisah-kisah pribadi, pekerjaan atau hiburan. Dengarkan dengan saksama dan mengganggu hanya untuk mengajukan pertanyaan klarifikasi.Orang akan berpikir Anda seorang komunikator yang sangat baik bahkan jika semua yang Anda lakukan adalah mendengarkan.
c.) Menyisipkan sedikit humor disaat pembicaraan,dengan menyisipkan humor disaat bersosialisasi maka individu yang ada disekeliling kita akan merasa bahwa kita adalah orang yang asyik untuk diajak berbicara,karena menyisipkan humor dalam pembicaraan. Tetapi kita juga harus bisa membedakan mana saat serius atau tidak serius,jika dalam keadaan serius lebih baik anda tidak menyisipkan humor disaat pembicaraan.
d.) Hormati orang lain ketika Anda berbicara.Jika Anda melihat orang lain melipat lengan mereka atau mengambil langkah dari Anda, Anda mungkin akan mendapatkan tidak nyaman. Untuk itu kita harus menjaga tatakrama dan sopan santun pada saat bersosialisasi. Karena dengan sopan santun aknda akan mendapat nilai lebih dimata orang lain.
e.) Senyum , walaupun anda dalam keadaan sesulit apapun pada saat bersosialisasi, anda jangan pernah lupa dengan suatu hal yaitu “senyum”. Karena dari senyumlah seseorang dapat melihat anda adalah sosok pribadi yang bijaksana dan sabar dalam menerima masalah.
f.) Berkomunikasi dengan baik dan benar , dengan berkomunikasi yang baik dan benar dalam bersosialisasi maka seseorang akan mengetahui bahwa anda adalah sosok yang disiplin.

5. Bagaimana cara memilih pergaulan yang baik
Memilih pergaulan yang baik adalah pintu anda menuju diri anda yang positif dan sukses,memilih pergaulan yang baik harus dimulai dari diri anda sendiri,tanpa harus mengikuti ajakan teman atau oranglain. Berikut adalah cara memilih pergaulan yang baik.
a.) Selektif dalam memilih
Dalam memilih pergaulan,kita harus selektif dan akurat,karena ini teman sangat berpengaruh untuk diri anda,tetapi sifat selektif anda itu jangan sampai terlihat oleh siapapun,karena sifat selektif itu akan membuat anda tidak akan mendapatkan teman.
b.) Bebas NARKOTIKA
pergaulan yang baik adalah teman yang sehat,dan bebas narkotika. Narkotika hanya akan membuat diri anda hancur berantakan,dan akhirnya diri anda sendiri yang akan rugi. Narkotika takkan pernah membuat hidup anda lebih baik,narkotika akan terus menggerogoti hidup anda. Untuk itu pilih pergaulan sehat.
c.) Jauhi pergaulan Bebas SEX
Sama seperti narkotika,sex hanya akan membuat diri anda rugi. Jika anda terkena penyakit HIV&AIDS mungkin anda sudah tak punya masa depan lagi. Orang tua anda tidak melahirkan anda dengan niat dan tujuan agar anda tidak punya masa depan. Untuk itu banggakan orang tua anda dengan pergaulan yang sehat dalam bersosialisasi.
d.) Ikut organisasi yang sesuai minat anda
Daripada anda terjatuh dalam pergaulan yang salah,lebih baik anda melibatkan diri anda kedalam suatu organisasi yang sesuai minat anda dan juga bertujuan positif tentunya. Itu akan membuat anda lebih baik,dan organisasi itu pula yang mungkin akan bisa menggali potensi dan bakat terpendam anda.



KESIMPULAN

Dari masalah ini,dapat disimpulkan bahwa kemampuan seseorang dalam bersosialisasi sangatlah berpengaruh dalam kehidupan suatu sesorang tersebut. Dan juga kesalahan dalam bersosialisasi akan membuat seseorang itu akan menjadi lebih buruk daripada seseorang yang benar dalam memlih pergaulan dalam bersosialisasi. Jadi sikap dan pergaulan anda dalam bersosialisasi sangatlah berpengaruh untuk hidup anda.


SARAN

Lebih baik berhati-hati dalam memilih pergaulan, sayangi diri anda. Janganlah terburu-buru dalam memilih pergaulan , karena dalam keadaan terburu-buru anda tidak akan bisa memilih keputusan dengan baik. Selektif dalam memilih pergaulan, dan jaga sopan santun anda dan ingat,jangan pernah lupa untuk SENYUM. :)

2 komentar: